Sunday, November 25, 2007

Blog sebagai ajang kreasi

Blog, tentu saja adalah hal biasa sekarang. Biasa saja, karena ada sekian juta blog di dunia. Yang membedakan paling adalah content dari blog-blog itu. Di Amerika misalnya, gadget adalah bahan tulisan blog yang paling sering di tulis dan dicari orang Amerika. Nah, kalau di Indonesia?. Kalau saya lihat, dari mengunjungi ratusan blog made in orang Indonesia, maka tema yang umum ditawarkan sebuah blog adalah, beasiswa, novel dan puisi, cerita harian dari yang empunya blog, dan banyak hal lain. Oh ya, banyak juga yang menawarkan beragam joke dan guyonan dalam banyak versi, baik diceritakan dalam cerpen, sekedar cerita singkat yang muat di 1 sms ajah, dan yang lainnya. Yang saya kira cukup jadi "demam" adalah, sekarang banya orang yang "niru-niru" blog orang terkenal. Misalnya, dari cara penulisannya. Silahkan kunjungi http://miund.com/ atau http://radityadika.com/ , dan silahkan lihat blog-blog yang sering berkunjung ke dua blog tersebut, maka, akan sangat banyak ditemukan, blog-blog yang "meniru" gaya penulisan mba miund dan radith kambing. Ya, kenapa harus meniru?. Saya kira, semua tahu jawabannya, karena yang niru-niru itu juga kepengen terkenal dan banyak dikunjungi oleh para blog walker. Saya tidak akan membahas tentang "cara kopi" yang seperti ini, karena jujur saya juga seorang "tukang kopi", ada beberapa bagian dan gaya tulis-menulis di blog saya yang saya "kopi" dari banyak blog ternama. Tapi akhirnya saya jadi punya pertanyaan, kalau cuma bisa "copy paste" trus, sebenernya, kita ngeblog buat apa?Jadi diri sendiri yang tidak terkenal, misalnya, atau jadi seseorang yang famous karena blognya jadi blog terkenal tapi hanya berlindung dari ide orang lain?...hem...any comments?

8 comments:

Anonymous said...

buat saya,tidak ada sebuah tata cara nge-blog yang baku. istilah copy paste sebenarnya kurang tepat, lebih ke adaptasi. seorang raditya dika saja gaya menulisnya dipengaruhi oleh beberapa orang,dan beberapa diantaranya actor standing comedy yang terkenal..

dan, nge-blog itu adalah ajang kreasi, dan tidak ada alasan sedikitpun yang bisa membatasi kreasi itu.yang patut dihindari adalah "copy paste" plek se mirip-miripnya..

oh ya, being a famous blogfger,or they so called SELEBLOG!hmh,sah2 saja,yang kurang berkenan adalah ketika itu dipakai untuk mengkastakan,dan ajang pamer..

feed back setelah membaca yang bisa diukur dari berapa hits/harinya,atau harga blog-nya mungkin, bisa diambil sebagai apresiasi dan kepuasan buat si empu-nya.masalah hal ini untuk jadi terkenal apa enggak,yah tergantung ngliatnya dari sisi mana dulu.

oyah,enda nasution juga pernah bilang,blog itu yah menulis apa yang ingin ditulis.jadi sah2 aja masalah gaya penulisan yang kadang suka di cap plagiat itu..toh yang akan tetap akan dibaca adalah isi dari blognya,apa yang bisa diambil,bukan gimana cara penulisannya kan.hehe

intinya: nge-blog nge-blog aja sih,segala sesuatu yang terlalu dipikir sepikir2nya malah ga baik hehe..

eh tapi rid,ini in my humble opinion aja loh hhehehe

Farid Yuniar said...

satu komentar di tampung...

sip lah vit....

keep blogging yang berkualitas..haha

besok kita diskusi lebih dalem di kampus....hehe

Farid Yuniar said...

btw, panjang banget ya komentar nya..niat banget...hahaha

Herru Suwandi said...

aku setuju dengan pepito, perlu dibedakan mana content copas mana content adaptasi. ide boleh sama tapi kalau diceritakan dengan cara berbeda, ya beda juga hasil akhirnya :P

sachroel said...

he..he.. ikut pepito ah.
(gak kreatif nih gw)

Anonymous said...

jan rid,aku yo juga heran,kok iso nulis comment sepanjang ini.aneh to?ahaha.kayake aku wis nemu alter egoku sing liane hehehe


*jawa ngaco!

Farid Yuniar said...

asyik...banyak yang comment...haha, terima kasih yang udah berbagi ide....

Anonymous said...

posting menarik dengan ide yang cerdas.

budaya tiru meniru itu dari jaman purba udah ada, karena manusia pada dasarnya punya tendensi untuk mirroring. ini nggak bisa disalahkan.

jujur dari sisi saya yang kata orang banyak "ditiru", hal ini merupakan sanjungan. tapi suka gedek juga sih kalo ngelihat yang niru nggak pinter. tapi ya mau bilang apa? ini dunia bebas, semua orang punya hak untuk berkreasi.

soal seleblog... wah saya paling sebel dibilang seleblog hanya karena yang ngasih feedback banyak. saya lebih senang dibilang berhasil menemukan banyak teman (dan sialnya musuh juga loh) lewat dunia blog ini.

masukan dari saya sih... terinspirasi itu boleh, niru dikit-dikit pun nggak haram. tapi ada satu faktor yaitu orisinalitas. cukup original kah karya kita?

dan ya, saya nggak suka copy paste. karena itu kerjaan orang yang gak kreatif ;)

makasih ya udah melempar topik ini. ayo ngeblog terus!